MSP Online Kuliah ONline

Ruang Sederhana bagi Gathering & Sharing Informasi dan Materi Referensi Ilmiah Populer

Sabtu, 04 Februari 2012

Penginderaan Jauh...[bukan Paranormal]

Penginderaan jauh berasal dari kata Remote sensing, memiliki pengertian bahwa penginderaan jauh merupakan suatu ilmu dan seni untuk memperoleh data dan informasi dari suatu objek di permukaan bumi dengan menggunakan alat yang tidak berhubungan langsung dengan objek yng dikajinya (Lillesand dan Kiefer,1979).
        Lindgren (1985) mengemukakan bahwa penginderaan jauh merupakan variasi teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut berbentuk radiasi elektromegnetik yang dipantulkan dan dipancarkan dari permukaan bumi.
        Pendapat Lindgren tersebut menunjukan bahwa penginderaan jauh merupakan teknik, karena dalam perolehan data menggunakan teknik, dimana data tersebut merupakan hasil interaksi antara tenaga, objek, alat, dan wahana yang membentuk suatu gamabra yang dikenal dengan citra dan data citra. Jadi penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni untuk mengindera/menganalisi permukaan bumi dari jarak yang jauh, dimana perekaman dilakukan di udara atau di angkasa dengan menggunakan alat (sensor) dan wahana.
Penginderaan jauh berarti juga aktivitas penyadapan informasi tentang obyek atau gejala di permukaan bumi (atau di bawah permukaan bumi) tanpa melalui kontak langsung. Karena tanpa kontak langsung, diperlukan media supaya obyek tersebut dapat diamati dan “didekati” oleh si penafsir. Media ini berupa citra (image atau gambar). Citra adalah gambaran rekaman suatu obyek (biasanay berupa gambaran pada foto) yang dibuahkan dengan cara optik, elektro-optik, optik mekanik, atau elekronik. Pada umumnya ia digunakan bila radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan dari suatu obyek tidak langsung direkam pada film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar